Cara Dan Tips Merawat Komputer / laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak

Cara Dan Tips Merawat Komputer / laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak
Komputer adalah alat yang sering kita gunakan baik dalam segala aktifitas kantor maupun hingga pelajar dapat mengoperasikan komputer dengan baik, Dan sudah kewajiban kita sebagai pengguna komputer dan sekaligus pemilik komputer tersebut untuk merawat dan membersihkanya dengan baik dan benar agar hasilnya juga benar pula.
Hal ini bertujuan supaya perangkat komputer tidak rusak dan tidak hang saat memakainya.
1. Bersihkan CPU Komputer
Bila computer Anda mau terus awet, bersihkanlah PC computer dengan teratur optimal dalam periode 6 bln. sekali. Lantaran bila CPU Anda tak dibikin bersih, kotoran debu dalam CPU bakal menumpuk serta bakal beresiko pada rusaknya pada temperatur atau suhu pada computer Anda. Langkahnya dengan buka casing PC lalu bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral yang lain. Pembersihan dapat memakai sikat halus (kuas cat). Kerjakan ini sepanjang enam bln. sekali.
2. Janganlah Pakai Internet Waktu Hujan Lebat
Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Di kuatirkan bila Anda memakai internet pada computer Anda sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan computer bakal tersambar petir serta ini bakal beresiko pada computer Anda nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.
3. Aktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan sistem restore juga sangatlah punya pengaruh untuk computer Anda supaya tak gampang rusak. Langkahnya dengan click kanan pada icon my desktop computer, lantas click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lantas menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.
4. Matikan Computer Sesuai sama Ketentuan
Janganlah pernah mematikan computer lewat cara yg tidak lumrah seperti segera mencabut kontak listrik pada computer. Teraturlah mematikan computer dengan memakai shutdown. Pakai stavolt untuk hindari mati listrik mendadak. Atau bila anda terlampau lama memakai computer restart lah terlebih dulu, agar seluruhnya sistem computer kembali normal. Umumnya bila terlampau lama dipakai sistem computer bakal melemah.
5. Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai
Umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat hingga harddisk bakal cepat rusak. Umumnya bakal nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport bakal hal yang seperti ini.
6. Cermati Ventilasi serta Pendingin Komputer
Ventilasi yang kurang baik bakal mengakibatkan panas yang terlalu berlebih hingga bisa bikin komponen computer bakal cepat panas hingga bakal memperpendek umur komponen itu. Oleh karena itu upayakan jarak pada computer serta dinding minimum 40CM. Supaya tambah baik lagi, Anda dapat measang AC didalam ruang serta pakai cooling fan ekstra didalam CPU.
7. Gunakan Kabel Ground
Bila casing computer waktu disentuh ada aliran listrik, ambillah kabel dengan panjang sekedarnya. Ujung satu dikaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedang ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yg “nyasar” hingga bisa bikin komponen elektronik lebih awet.
  mengantisipasi casing nyetrum. caranya  ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang “nyasarpada komputer anda menjadi hilang dan tidak menyetrum lagi
8. Menutup Program yang Tidak Dipakai
Bertujuan pada saat program yang tidak diperlukan dijalankan akan membutuhkan memory (RAM) ini menyebabkan semakin banyak suatu program yang dijalankan maka semakin banyak pula memory yang teerpakai.  
  Dampak negatif jika kita tidak menutup program yang tidak terpakai yaitu komputer akan berjalan lebih lambat (lelet) juga komputer akan lebih terbebani.
9. Suhu yang Sedang
Sebaiknya suhu ruangan jangan terlalu panas dan alangkah lebih baik ruangan diletakanya komputer terdapat ventilasi yang cukup serta dikasih kipas angin dekat CPU dan Monitor agar tidak cepat panas. Hal ini akan mencegah terjadinya pemanasan pada perangkat komputer dan jika terlalu panas akan rusak. 
10. Instal Antivirus dan Selalu Update
Agar kita dapat terhindar dari berbagai macam virus baru maka kita wajib untuk selalu mengupdate antivirus secara berkala. Jika komputer sudah terjangkit virus berbahaya dan tidak bisa disembuhkan dengan antivirus maka kita dapat menginstall ulang dampak buruknya yaitu harddisk akan lebih cepat rusaknya dan juga jika mengintallnya ke tukang service juga nambah biaya lagi.
11. Pakailah UPS/Stabilizer
  mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer anda terutama pada harddisk.
  Jika anda tidak ada UPS, gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.
12. Defrag harddisk anda secara berkala
  Fungsi nya untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
13. Aktifkan screensaver pada komputer anda
  Jika monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor anda bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
14. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin
  Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat/lelet.
15. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor
  Tanpa anda sadari medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang. Dapat kami sarankan jarak speaker active anda masing-masing sebelah kiri dan kanan adalah 30cm agar medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna monitor anda.
16. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini harus anda lakukan.
Sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Macam Software Grafis Berbasis Vektor

PHP